Photobucket

Januari 10, 2010

jakarta macet?? dah biasa kali

Posted by nc blogs 13.57, under , | No comments


Kemacetan adalah situasi atau keadaan tersendatnya atau bahkan terhentinya lalu lintas yang disebabkan oleh banyaknya jumlah kendaraan melebihi kapasitas jalan. Kemacetan banyak terjadi di kota-kota besar, terutamanya yang tidak mempunyai alat transportasi yang baik atau memadai ataupun juga tidak seimbangnya kebutuhan jalan dengan kepadatan penduduk, misalnya Jakarta dan Bangkok. Kemacetan lalu lintas menjadi permasalahan sehari-hari di Jakarta, Surabaya, Bandung, Medan dan kota-kota besar lainnya di Indonesia.

Penyebab kemacetan di kota-kota besar sangat beragam diantara nya adalah :

  • Tidak adanya pelebaran jalan. Sedangkan jumlah kendaraan bermotor terus bertambah dari tahun ke tahun. seharusnya sebagian pajak kendaraan disisihkan untuk pelebaran jalan dan perbaikan jalan yang rusak.
  • Kemakmuran yang membuat semua orang mampu beli kendaraan, dengan begini jumlah kendaraan yang akan berlalu-lalang di jalan akan menjadi sangat banyak.
  • Perilaku kendaraan umum menaikkan dan menurunkan di sembarang tempat. Sering kali juga menaikkan atau menurunkan penumpang di tengah2 jalan karena sopirnya malas menepi.
  • Kesalahan teknis seperti lampu lalu lintas yang mati sehingga membuat lalu lintas menjadi tidak teratur. Ataupun ada kendaraan yang mogok di tepi atau tengah jalan yang menghalangi laju kendaraan lainnya.
  • Rendahnya disiplin kita semua para pengguna jalan. Baik pemilik mobil, motor, sopir kendaraan umum, penumpang kendaraan umum, pengguna jalan, pedagang kaki lima. Semua turut mempunyai peranan dalam kemacetan di Jakarta.
  • Persimpangan tanpa lampu lalu lintas membuat arus menjadi tidak teratur.

Dengan adanya kemacetan ini dapat memberikan dampak yang buruk bagi kita, misalnya : kerugian waktu karena kecepatan perjalanan terhambat akibat kemacetan, pemborosan energi karena mesin kendaraan yang terus menerus menyala, Meningkatkan polusi udara karena pada kecepatan rendah konsumsi energi lebih tinggi dan mesin tidak beroperasi pada kondisi yang optimal, menggangu kelancaran kendaraan darurat seperti: ambulance, pemadam kebakaran yang harus tiba di lokasi tepat pada waktunya, meningkatkan rasa stres pengguna jalan.

Cara utama untuk mengatasi kemacetan di Ibu Kota adalah pengurangan jumlah angkutan kota . Hal ini karena jumlah kendaraan dari tahun ke tahun mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Cara selanjutnya adalah dengan perbaikan sarana dan prasarana lalu lintas dengan dengan terjaga nya sarana dan prasarana tersebut maka tingkat kemacetan akan dapat dikurangi. Pengembangan jalur khusus bagi bus atau sering disebut busway yang terdapat di kota jakarta. Yang tidak kalah pentinganya adalah peran serta para pengguna jalan, masyarakat jangan cuma tinggal diam melihat semua permasalahan ini, karena dengan ikut sertanya masyarakat untuk menjaga kelancaran lalu lintas, kemacetan mungkin akan dapat teratasi.

0 komentar:

Posting Komentar