Photobucket

Januari 18, 2013

Peranan Telematika di Bidang Pendidikan, Manfaat dan Dampak Negatifnya

Posted by nc blogs 23.46, under , | 1 comment

Menurut saya peranan telematika dalam kehidupan sehari-hari khususnya dalam bidang pendidikan dapat kita ambil contoh dari para pelajar / mahasiswa - mahasiswi yang telah mereka dapat di sekolah / kampus untuk mencari dan menggalih ilmu lebih dalam melalui media internet, salah satunya para dosen di kampus memberikan tugas virtual class yang di kemas dalam bentuk web base contohnya v-class gunadarma.

Dalam virtual class ini disamping mahasiswa - mahasiswi diberi materi dari mata kuliah yang ditugaskan, mereka juga mengerjakan soal atau kuis dan forum diskusi yang telah dibuat oleh dosen mata kuliah tersebut. Contoh v-class ini dapat mewakili arti dari telematika yakni forum diskusi sebagai tele : telekomunikasi, materi elektronik dikemas ke dalam virtual class sebagai ma : multimedia, dan informasi elektronik berbasis web sebagai tika : informatika

Karena peranan internet sangat penting dalam bidang pendidikan, pasti memiliki manfaat dan dampak yang berakibat pada pendidikan dan mental para pelajar / mahasiswa - mahasiswi jika mereka tidak bisa menyaring mana hal yang baik untuk dikonsumsi dan buruk untuk masa depan mereka.

Diantaranya manfaat positif dan dampak negatif dari telematika, manfaat dan dampak ini saya dapat dari sumber lain yakni :

Dampak Telematika

Berbagai macam bentuk yang menjadi dampak penggunaan telematika merebak luas pada masyarakat. Dampak ini akan memunculkan dan merubah pola kehidupan, bekerja, berusaha bahkan merubah falsafah pada bidang-bidang tertentu. Dampak yang pasti adalah akan terjadinya perubahan minat bekerja yang lebih

efisien dalam arti benefit to cost ratio, efektif dalam arti kualitas produk, jasa, dan pemerataan distribusi produk jasa kepada masyarakat. Dampak yang akan muncul penggunaan telematika baik secara langsung maupun tidak langsung, yaitu:
Penghematan transportasi dan bahan bakar.
Menghindarkan jam-jam yang tidak produktif menjadi lebih produktif.
Mengembangkan konsep kegiatan tersebar secara merata ke seluruh daerah.
Menyuguhkan banyak pilihan sarana telekomunikasi.

Dampak Negatif

Tindakan kejahatan yang dilakukan dengan menggunakan media internet. Contohnya, tindakan yang disebut carding, adalah cyber crime dengan cara mencuri data kartu kredit dari nasabah suatu bank, sehingga si pelaku carding (carder) dapat menggunakan data tersebut untuk keuntungan pribadi.
Penyebaran virus atau malicious ware fraud atau penipuan yang menggunakan electronic mail sebagai alat penyebaran informasi bagi si penipu.
Kejahatan Telematika sebagai Kejahatan Transnasional, Contoh kejahatan transnasional ini adalah human trafficking, penyelundupan orang, narkotika, atau teroris internasional.
Kejahatan telematika merugikan individu,missal Lima orang hacker (penyusup) yang berada di Moskow telah mencuri sekitar 5400 data kartu kredit milik orang Rusia dan orang asing yang didapat dengan menyusup pada sistem komputer beberapa internet retailer.
Kejahatan telematika merugikan perusahaan atau organisasi, Pada tahun 1995, Julio Cesar Ardita, seorang mahasiswa dari Argentina berhasil menyusup dan mengganti (cracking) data sistem yang ada di Fakultas Arts and Science Universitas Harvard.

Manfaat Telematika

Manfaat internet dalam e-Business secara nyata dapat menekan biaya transaksi daam berbisnis dan memberikan kemudahan dalam diversifikasi kebutuhan.
Manfaat internet dalam e-Goverment bisa meningkatkan kinerja pemerintah dalam menyediakan informasi dan layanan untuk masyarakat.
Dalam bidang kesehatan dan juga pendidikan secara nyata juga telah memberikan nilah tambah bagi masyarakat luas.
Telematika cukup memberi warna tersendiri dalam perekonomian nasional. Ditandai dengan mulai maraknya sekelompok anak muda membangun bisnis baru menggunakan teknologi Internet, maka Indonesia tak ketinggalan dalam booming perdagangan elektronis / electronic commerce (e-commerce).
Pembangunan sektor Telematika diyakini akan memengaruhi perkembangan sektor-sektor lainnya. Sebagaimana diyakini oleh organisasi telekomunikasi dunia, ITU, yang konsisten menyatakan bahwa dengan asumsi semua persyaratan terpenuhi, penambahan investasi di sektor telekomunikasi sebesar 1% akan mendorong pertumbuhan ekonomi nasional sebesar 3%. Hipotesis ini telah terbukti kebenarannya di Jepang, Korea, Kanada, Australia, negara-negara Eropa, Skandinavia, dan lainnya.


Sumber :
http://destipurwaningsih.blogspot.com/2012/10/dampak-manfaat-telematika

1 komentar:

oke sama-sama sob..

Posting Komentar