Februari 11, 2011

Pendapatan Nasional dengan Perekonomian Tertutup Sederhana Dua Sektor II

Posted by nc blogs 23.31, under | No comments


Pendapatan nasional adalah merupakan jumlah seluruh pendapatan yang diterima oleh masyarakat dalam suatu negara selama satu tahun. Hubungan timbal balik antara nilai pada neraca pembayaran luar negeri suatu negara dengan tingkat pandaapatan nasionalnya. Hubungan ini dapat diterangkan dengan menggunakan analisis pendapatan nasional.
Diantara berbagai macam pendekatan analisis pendapatan nasional yang dapat dipergunakan untuk menerangkan hubungan timbal balik antara tingkat pendapatan nasional, terdapat system perekonomian dua sektor.

Pendekatan Angka Pengganda dan IS-LM

1. Pendekatan angka pengganda luar negeri atau foreign trade multiplier approach.Model analisis ini hanya memperhatikan satu pasar atau sektor saja, yaiXupasar komoditi, yang biasa disebut juga sektor nyata atau real sector, sektor pengeluaran atau expenditure sector. Lebih lanjut model angka pengganda perdagangan luar negeri ini dapat dibedakan antara:

o Model angka pengganda tanpa pantulan.

o Model angka pengganda dengan pantulan.

2. Pendekatan IS-LM.
Pendekatan IS-LM ini di samping memperhatikan sektor nyata juga memperhatikan sektor moneter atau pasar uang. Macam pendekatan ini akan diuraikan secara singkat, menggunakan anggapan bahwa pembaca sudah mengetahui analisis IS- LM untuk perekonomian tertutup Untuk perekonomian terbuka kesamaan antara pendapatan nasional, output nasional dan pengeluaran total nasional tidak lagi berlaku. Kesamaan antara pendapatan nasional dengan output nasional masih tetap berlaku selama jumlah pendapatan modal yang dibayar oleh penduduk negara tersebut kepada para investor asing sama dengan jumlah pendapatan yang diterima penduduk negara tersebut yang berasal dari penanaman modalnya di luar negeri. Keadaan perekonomian seperti inilah yang kita pakai sebagai landasan dalam menerangkan analisis pendapatan nasional untuk perekonomian kita.

3. Dalam Perekonomian, sektor swasta satu-satunya produsen barang dan jasa, dan proses produksi dilaksanakan dengan menggunakan Faktor-Faktor Produksi yang dimiliki oleh Rumah tangga, Perusahaan (Swasta), Pemerintah, Ekspor-Impor. Untuk memepermudah dalam menganalisa pendapatan nasional, maka pada tahap awal dilakukan analisis pendekatan nasional dua sektor. Dalam pendekatan ini, perekonomian diasumsikan hanya digerakkan oleh 2(dua) orang pelaku kegiatan ekonomi yaitu rumah tangga dan swasta.

Sumber :

· http://rya89.wordpress.com/2010/04/17/10-pendapatan-nasional/

· http://www.endz4shared.co.cc/2010/05/pengertian-pendapatan-nasional.html

0 komentar:

Poskan Komentar